Snack Buah Kering dan Manfaatnya

|

Snack Buah Kering dan Manfaatnya

snack kering serba goreng untuk jualan

Buah kering adalah buah yang proses pengelolannya dengan cara mengeringkannya pada bawah sinar matahari langsung atau dengan alat pengering buatan (oven atau dehydrator) tetapi tetap mempertahankan rasa dan aromanya. Sehingga untuk menikmati cita rasa buah tetap bisa meskipun pengolahannya yang berbeda. Buah kering menjadi alternatif pengolahan buah menjadi snack yang memiliki daya tarik bagi para konsumen.

Teknik mengeringkan buah ini sudah ada di Timur Tengah sejak 5000 tahun yang lalu untuk memperpanjang masa simpan buah itu. Selain bisa dimakan begitu saja, buah-buahan kering juga banyak dipakai untuk menambah rasa manis pada makanan lain.

Snack Buah kering dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Berlawanan dengan persepsi populer lama bahwa buah-buahan kering seperti kismis mempercepat gigi berlubang, studi terbaru menunjukkan bahwa mereka dapat mengambil manfaat kesehatan mulut. Senyawa bioaktif yang terdapat dalam buah kering tampaknya memiliki sifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

Snack Buah kering memiliki kandungan nutrisi yang sama seperti buah segar. Dalam bentuk sebenarnya, buah kering sebenarnya merupakan bentuk lain dari buah segar. Hanya saja, kandungan airnya sudah tidak ada. Proses pengeringan tersebut, bahkan bisa membuat beberapa jenis nutrisi lebih terkonsentrasi sehingga penyerapan ke tubuh lebih cepat. Sebuah studi yang terdapat dalam Journal of the American College of Nutrition mengungkapkan bahwa jumlah antioksidan dalam buah cranberry kering, anggur dan plum dua kali lebih banyak daripada buah segar.

Namun buah kering memiliki kandungan gula dan kalori yang sama seperti buah segar. Jadi meskipun bentuknya menyusut dari ukuran semula, tidak berkurang kadar gula maupun kalorinya. Jika ingin diet yang sehat, kita tetap harus memperhatikan porsinya setiap kali makan snack buah kering ini. Baca artikel lain Produk Gubug Crispy

Berikut contoh snack buah kering dan cara pengelolaanya:

  1. Keripik buah apel dan pir

Panen Buah Apel dan Pir dari perkebunan langsung, Kemudian cuci sampai bersih lalu potong sehingga memiliki tekstur renyah seperti keripik. Cuci ulang lagi setelah pemotongan, selanjutnya keringkan dengan mesin selama 4-8 jam.

Keripik Apel memilki cita rasa yang asam dan manisnya natural.

Proses yang sama juga untuk buah pir, tetapi untu waktu pengeringannya lebih lama, karena kandungan airnya lebih banyak.

  • Kurma, buah ara, dan aprikot

Buah ara atau figs atau buah tin, adalah buah kecil yang memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Dalam buah ara terdapat kandungan Mineral yang cukup kompleks, antara lain seperti kalsium, magnesium, potasium, dan mangan.

Untuk ketiga jenis buah ini pengolahannya dengan cara pengeringan sehingga dapat bertahan lama.

  • Semangka dan Kiwi

Semangka dan kiwi kaya antioksidan, vitamin A dan C, zat besi, dan kalsium. Berdasarkan penelitian, semangka dan kiwi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus kecantikan.

Karena semangka dan kiwi mengandung banyak air, teksturnya akan berubah tipis dan krispi setelah mengalami proses dehidrasi. Namun, warna buahnya tak berubah.Untuk pengolahan Keripik semangka dengan cara vacuum frying pada suhu 50-60 derajat celcius.

  • Kelengkeng

Kelengkeng dapat memperpanjang umur, melihat dari banyak khasiatnya untuk kesehatan. Salah satunya kandungan polifenolnya yang dapat mencegah kerusakan sel pemicu kanker. Setelah merasakan rasa asam yang kuat di awal gigitan, lama kelamaan kamu akan merasakan manisnya.

Yuk lanjut ke contoh lainnya…..

  • Goji Berry

Buah yang berasal dari China ini berukuran imut tetapi rasa asam-manisnya menggoda. Kandungan senyawa dan vitaminnya banyak, seperti asam amino, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Manfaatnya untuk kesehatan pun lengkap seperti menyembuhkan luka, menjaga daya tahan tubuh, dan memperlambat penuaan.

  • Kulit jeruk Bali atau jeruk pomelo

Jeruk pomelo dan kulitnya dapat membantu proses penurunan berat badan, serta menurunkan gula yang berlebih dalam tubuh. Biasa mencampurnya dengan salad atau langsung makan, juga enak.

  • Mangga, strawberi, pepaya, dan nanas

Nutrisi dalam buah-buahan banyak banget, salah satunya vitamin C dan potasium yang bisa memperbaiki mood. Gurihnya keripik nanas juga memanjakan lidah dengan perpaduan rasa asam dan manis yang seru. Selengkapnya https://id.wikipedia.org/wiki/Buah_kering

Beberapa contoh yang ada merupakan jenis snack kering yang bisa menjadi sebuah ide bisnis untuk julan snack buah kering. Snack buah kering ini bisa mejadi peluang bisnis yang berpeluang baik dan memiliki prospek yang tinggi. Selain itu snack buah kering juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, tidak kalah dengan mengkonsumsi buah segar seperti pada umumnya. Jadi tidak perlu khawatir snack buah kering ini masih mengandung vitamin dan bermanfaat.

Konfirmasi
Ajukan pertanyaan
Hallo, Ada yang bisa kami bantu