Snack Sayuran Kering Dan Pengolahannya 

|

Snack Sayuran Kering Dan Pengolahannya

Snack sayuran kering- Nyemil Snack adalah suatu kebiasan yang melakukannya sering pada kegiatan seperti bekerja, belajar, bermain atau menonton TV. Namun sayangnya, tidak semua snack bisa kita konsumsi dengan aman, karena camilan yang terdapat pada toko – toko memiliki kandungan pengawet, banyak garam dan penyedap rasa yang tidak baik untuk kesehatan. Agar snackmu tetap sehat dan aman dalam mengkonsumsinya, kamu bisa mengonsumsi Snack Sayuran Kering yang pengolahannya tanpa menggunakan minyak.

Sayuran merupakan bahan makanan yang menyehatkan, yang mengolahnya bisa dengan berbagai cara, seperti sayur sop, jus sayur dan keripik sayur. Dengan pengolahan yang bervariatif tidak seperti pada umumnya, menjadikan sayuran memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmat makanan, terutama untuk orang yang sulit untuk mengkonsumsi sayuran. Snack Sayuran Kering biasanya terdiri dari sayur brokoli, bayam, seledri, kentang, buncis, kale dan lain sebagainya. Baca selengkapnya https://www.rumahmesin.com/cara-membuat-snack-sayuran-kering/

Manfaatnya apa sih snack sayuran kering?

Keripik sayur adalah Snack Sayuran Kering yang menikmatinya bisa kapan saja, untuk mengganjal perut yang lapar. Namun banyak orang tidak mau menikmati keripik, karena biasanya keripik dalam penggorengannya menggunakan minyak, tambah garam dan penyedap rasa yang bisa menggagalkan program diet, bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, membuat radang tenggorokan, memicu kolesterol, penyakit jantung hingga stroke yang menyebabkan kematian.

Selain itu, minyak goreng juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Karena minyak mengandung lemak yang menyebabkan kulit berminyak, memicu munculnya komedo dan jerawat di wajah.

Baca Artikel lain Aneka Snack Kering Untuk Jualan, Gimana Kiat Suksesnya?

Namun, tidak perlu khawatir karena pengolahan Snack Sayuran Kering bisa menggunakan alternative lain selain minyak goreng, yaitu dengan cara memanggang di atas oven. Membuat keripik sayuran dengan oven tidak akan merusak cita rasa sayuran, kandungan pada sayuran sangat aman dikonsumsi sehingga bisa menjadi alternatif yang tepat agar asupan gizi bisa terpenuhi dengan maksimal.

Snack Sayuran Kering memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menahan napsu makan, meningkatkan suasana hati dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jadi dengan mengkonsumsi Snack Sayuran Kering kita tetap bisa menikmati Snack Kering tapi tidak membahayakan tubuh, justru memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Berikut beberapa tips untuk membuat Snack Sayuran Kering di rumah secara mandiri,

  1. Keripik Kangkung Panggang

Sayur kangkung memiliki kandungan vitamin C, kalsium dan zat besi. Tips membuat keripik kangkung yaitu dengan mencuci bersih kangkung berdaun lebar tanpa tulang dan batang, kemudian keringkan kangkung dengan tisu sampai kering, lalu tata sayur kangkung dalam loyang, kemudian percikkan minyak zaitun pada sayur dan panggang selama 15 menit, di oven dengan suhu sampai 350° F.

2. Keripik Lemon Dill Zucchini

Zucchini atau courgette adalah sayuran yang terkenal bisa membantu menurunkan berat badan. Sayur dapat menjadi keripik dengan cara mengiris zucchini dengan tipis dan campur dengan air perasan jeruk nipis dan garam, lalu panggang dengan panas 235 ° F selama 2 jam sampai renyah.

3. Keripik Bit Rosemary panggang

Bit memiliki kandungan serat yang tinggi, yang bisa membantu mencegah sembelit dan membantu usus memproses makanan. Cara mengolah bit menjadi keripik tanpa minyak adalah dengan mengiris bit tipis, percikkan minyak zaitun, garam dan rosemary, lalu panggang dengan suhu 375 ° F selama 20menit.

Yuk lanjut ke contoh lainyaa….

  • Keripik Wortel

Wortel memiliki kandungan beta-karoten yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu, ada sederet nutrisi lain yang terkandung dalam wortel, seperti serat, vitamin K, Kalium, vitamin C, folat, fosfor, kalium, protein, dan kalsium. Cara mengolah wortel menjadi keripik dengan mencuci wortel, kemudian kupas dan potong tipis memanjang, susun dalam loyang tidak lupa olesi tipis wortel dengan minyak zaitun. Kemudian taburi bubuk kari, garam, dan lada bubuk. Panggang selama 10-12 menit hingga berubah warna kering kecokelatan. Keripik wortel siap untuk masuk ke tahap konsumsi.

  • Kembang Kol Panggang

Kembang kol mengandung vitamin C yang mana berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga memiliki efek antiradang dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis, misalnya penyakit jantung. Cara mengolah Kembang Kol Panggang, potong kecil-kecil lalu celupkan ke dalam kocokan telur yang terdapat garam. Gulingkan kembang kol ke tepung panir. Ulangi proses tersebut hingga tepung melapisi dengan sempurna. Susun di loyang dan panggang dengan suhu 180°C selama 15-20 menit. Angkat dan sajikan.

Resep Snack Sayuran kering ini tidak sulit dalam pengolahannya. Bahkan bahan-bahannya cenderung mudah untuk mendapatkannya. Selain itu, resep camilan berbahan sayur juga bisa menjadi pengganti jenis camilan ringan yang lebih sehat daripada dengan yang terdapat pada pasar.

Nah, jadi tunggu apalagi, ayo segera coba resep yang ada pada artikel ini. Variasikan olahan sayuran menjadi Snack Sayuran Kering yang Lebih Sehat dan tentunya enak. Jangan katakan tidak pada sayuran. Mari Kita hidup sehat dengan “cerdik”, Eat Healthy, Live Longer.

Konfirmasi
Ajukan pertanyaan
Hallo, Ada yang bisa kami bantu